Thursday 21 June 2012

Cara Membersihkan Tanda Tangan hasil scan Menggunakan Photoshop

Cara Pertama:
       Untuk mempercepat pekerjaan, kadang kala kita melakukan jalan pintas dengan cara men-scan tanda tangan seseorang, atau mungkin tanda tangan kita (agar tidak capek tanda tangan) kemudian kita tempel pada lembar kerja yang sedang kita buat. Kelihatannya mudah dan praktis, akan tetapi dalam praktek, ternyata banyak kendala yang kita temukan. File dari hasil scanner biasanya berupa image (jpg), yang mana file ini jika kita insert pada lembar kerja (misal: Ms. Word) akan menutup text yang ada di bawahnya.
Untuk menghindari hal tersebut kita perlu mengkonvert terlebih dahulu file jpg menjadi file png agar file tersebut terlihat transparan dasarnya. Akan tetapi dalam proses inipun kita biasanya menemukan kendala dalam proses seleksi tanda tangan tersebut.

Dalam Photoshop disediakan fasilitas calculations yang dapat kita gunakan untuk mempermudah proses tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Buka file tanda tangan yang telah kita scan.
2. Dari menu image pilih calculations, maka akan muncul kotak dialog calculations.
3. Pada tab blending pilihlah overlay.
4. Pada tab channel pilihlah warna yeng membuat warna menjadi kontras.
5. Klik ok.

      Setelah langkah tersebut, selanjutnya pilihlah burn tool atau dengan menekan tombol O pada keyboard untuk mempertajam garis-garis/bagian-bagian dari tanda tangan. Tapi sebelunya kita perlu mengatur range-nya pada opsi shadows dan exposure-nya pada posisi 20 - 25. Hal ini bertujuan agar burn tool ini hanya mempertajam bagian-bagian yang mempunyai warna gelap saja.
Setelah bagian-bagian tanda tangan ini dirasa sudah jelas, selanjutnya pilihlah dodge tool dengan pengaturan range pada opsi highlight dan exposure pada kisaran 20 - 25 untuk membersihkan dasar dari tanda tangan agar menjadi putih dan bersih.
Selanjutnya tekanlah tombol ctrl+i untuk membalik warna gambar (dasarnya berwarna hitam dan bagian tanda tangan menjadi putih).

       Dari menu select pilihlah load selections, maka akan muncul kotak dialog load selections, pada pilihan invert berilah tanda centang untuk membalik hasil seleksi, kemudian klik ok.
Setelah dasar dari tanda tangan terseleksi, selanjutnya kita pilih channel RGB pada jendela channel kemudian tekan tombol delet. Jreeeeng, hilanglah dasar dari tanda tangan dan yang tersisa adalah bagian dari tanda tangan dengan dasar transparan. Setelah itu simpanlah file tersebut dengan extensi png. Selamat mencoba semoga berhasil, kalautidak berhasil coba lagi sampai capek. 


Cara Kedua:
Cara kedua ini lebih simpel dibandingkan cara pertama tadi.
Cara lain :
1. Buka file tersebut(file gambar tanda tangan ) dengan Adobe PhotoShop
2. Setelah file terbuka, aktifkan 'Magic Wand Tool", dan klik di file yang berwarna putih (daerah putih yang    kosong/bukan yang ada tanda tangannya}
3. Pilih Menu Select>Similar
4. Pada Window LAYER, double klik BACKGROUND dan klik OK
5. Pencet tombol DELETE
6. Save As File dengan extention TIFF atau PSD
7. File agan yang baru latar belakangnya bolong dan siap untuk ditempatkan di mana saja.

Sekian Semoga Bermanfaat.:)

5 comments:

  1. THKNS GAN.,.,BERMANFAAT BGT DAN BERHASIL.,.,TETAP BERKARYA BOSSSS DAN AMALKAN ILMUNYA.,.,HEHEHE

    ReplyDelete
  2. Trimakasih.. amin.. thank uda berkunjung ke blog ini :)

    ReplyDelete
  3. Gan gmn caranya misalkan kita edit hasil scan contoh ktp misalnya kita edit tulisanya aja tp backgroundnya masih utuh alias ga ikut ke edit.tq gan ditggu infonya :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih petunjuknya brother

    ReplyDelete